Power Query Untuk Mencetak Lembar Kerja



Dalam suatu table aplikasi Ms Excel kadang kita memiliki sebuah table dimana banyaknya data baik kolom maupun baris. Yang dimaksud banyaknya data maupun baris disini adalah bagi mereka yang sering menggunakan kolom bantuan dalam suatu perhitungan untuk dapat menghasilkan perhitungan yang diinginkan.

Namun dari tabel yang kita miliki tersebut tidak mungkin untuk kita cetak karena banyaknya kolom bantu yang kita gunakan, sehingga kita harus menyembunyikan kolom-kolom tersebut agar hasil cetak yang kita inginkan dapat masuk dalam lembar kerja.

Dalam menyembunyikan kolom-kolom kadang kita harus memberikan tanda kolom mana saja  yang akan kita sembunyikan. Hal ini harus kita ingat, karena suatu waktu pasti kita akan membuka kolom-kolom tersebut untuk merevisi perhitungan-perhitungan dalam kolom bantu. Pada bagian inilah yang akan menambah waktu kita saat akan mencetak kembali tabel tersebut, karena kita harus membuka kolom yang disembunyikan dan menyembunyikan kembali kolom bantu tersebut untuk mencetaknya.

Dengan keadaan tersebut saya mencoba beberapa langkah alternatif dengan menghubungkan tabel tersebut ke lembar kerja lain (misalkan dari Sheet1 dihubungkan ke sheet2). Hal ini memang cukup membantu dalam mencetak lembar kerja tersebut. Namun timbul masalah baru dimana dalam tabel tersebut ada beberapa baris yang tidak perlu dicetak, sedangkan jika saya mencetak sheet2 tersebut maka saya harus menyembunyikan kembali baris-baris yang tidak dicetak dan pemberian nomor harus diurutkan kembali.

Setelah mencari beberapa referensi akhirnya saya menemukan cara, yang menurut saya cara tersebut efektif yaitu dengan menggunakan add in Power Query. Saat ini saya mencoba berbagi dalam menggunakan add in tersebut. Dimana saya memberikan contoh tabel tersebut sebagai perumpamaan, jika terdapat tabel yang tidak perlu dicetak baik kolom maupun barisnya.


Langkah menggunakan Power Query di excel

1. Anda harus mendownload add in Power Query sesuai dengan versi Microsoft Excel anda apakah 32 bit ataukah 64 bit.
2. Setelah add in anda terinstall di Microsoft Excel anda maka buka file anda.
3. Short / Highlight seluruh table yang akan anda konfigurasikan dalam Power Query.
4. Pilih menu Power Query --> from table yang akan masuk ke power query
5. Anda akan masuk ke Power Query (ikuti angkah-langkah seperti gambar di diatas) :
a. Lakukan unpivot Coloums dari menu Transform
b. Lakukan Added index Column From 1 dari menu Add Column
c. Reorder column adalah dengan menggeser index ke kolom pertama yang berfungsi sebagai untuk mengurutkan kembali nomor bilamana ada no baris yang dihapus, seperti no 7 dan 12 dalam contoh.
d. Remove columns yang berfungsi untuk menghapus kolom yang tidak akan dicetak.

Change type berfungsi untuk merubah format kolom. Disini saya gunakan untuk merubah format tanggal.
Sehingga hasil akhir dari tabel power query adalah :


Dari hasil tersebut akan menghasilkan pada sheet baru dalam Microsoft Excel anda, dimana anda tinggal klik kanan pada tabel di sheet2 tersebut dan pilih refresh, maka tabel akan menghasilkan apa yang telah konfigurasikan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Baca Juga